Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Fakta dan peristiwa ini  sangat baik menjadi perhatian dan pelajaran bagi mahasiswa dan  dosen pembimbing yang sedang menjalani proses penyelesaian skripsi. Sebab, akibat stres dan depresi bisa membuat seorang mahasiswa nekad melakukan aksi bunuh diri.

Berikut kisah nyata para mahasiswa yang nekad bunuh diri karena urusan skripsi.

1. Mahasiswa Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan
Cristian Sinaga (22 tahun), mahasiswa semester akhir Universitas Sriwijaya ini nekad mengakhiri hidupnya diduga karena depresi soal skripsi. Dia ditemukan di kamar mandi kosnya dalam kondisi tak sadar diri karena menggantung diri pada 20 Maret 2018 lalu. Kos korban terletak di Komplek Serai Indah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Korban ditemukan oleh Romondo yang merupakan kawan satu kosnya.

Korban merupakan mahasiswa asal Sumatera Utara yang kuliah di Universitas Sriwijaya pada Fakultas Teknik angkatan 2014. Dari keterangan rekan-rekan korban, diduga kuat korban mengakhiri hidupnya karena skripsi tak kelar-kelar. “Dia sempat stres mikirin skripsi,” kata Jhon, rekan korban.

2. Mahasiswa Universitas Kapuas, Kalimantan Timur
Bonivasius Wiro (24 tahun) ditemukan tewas dengan cara menggantung diri di Dusun Lamau Desa Perongan Kecamatan Sekdanau Hulu, Kalimantan Timur pada Jumat malam 7 April 2017 lalu. Dia ditemukan di rumah bibinya sekitar pukul 22.00 WIB.

Korban adalah mahasiswa semester akhir di Universitas Kapuas dan sedang menyusun skripsi. Dari keterangan Polisi, korban bunuh diri karena stres kuliah tidak selesai-selesai.

3. Mahasiswa di Jakarta Selatan
Dilansir dari Kompas.com, seorang mahasiswa berinisial Efr (20 tahun), ditemukan tewas menggantung diri dengan menggunakan kabel. Dia ditemukan tewas oleh ayahnya pada pukul 10.46 WIB Rabu 27 Juli 2016 lalu. Korban menggantung diri di di tangga dengan menggunakan kabel antena.

Dari keterangan orang tua korban, korban diduga bunuh diri karena stres memikirkan skripsi yang ditolak dua kali. Selain itu, korban juga baru saja putus pacaran.

4. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara
Dilansir dari merdeka.com, Frendis Agustinus Panjaitan (24 tahun) ditemukan tewas dengan posisi tergantung di pintu kamar kosnya di kawasan Padang Bulan, Medan Sumatera Utara pada Senin 20 Oktober 2014 lalu.

Korban bunuh diri diduga karena stres memikirkan skripsi yang tak kunjung selesai. Selain itu, dari keterangan rekan korban, laptop korban juga hilang yang membuatnya bertambah stres.

Korban diketahui merupakan mahasiswa Fakultas Fisip Universitas Sumatera Utara semester akhir. “Dia bakal di DO kalau tidak selesai skripsi dalam waktu 3 bulan,” ungkap rekan korban.

5. Mahasiswa STIKES Kendal
Dilansir dari Kompas.com. Isnaini Agus Riyanto (23 tahun), mahasiswa semester akhir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kendal, Jawa Tengah ini ditemukan tewas dengan cara gantung diri di kamarnya di Asrama Brimob pada Minggu 13 April 2014.

Dia nekad mengakhiri hidupnya diduga karena skripsi yang tak kunjung selesai. Korban ditemukan oleh ayahnya Aipda Sunawan yang saat itu hendak membangunan korban namun pintu kamar dalam keadaan terkunci. Ayah korban kemudian mengintip lewat celah lubang kunci dan betapa terkejut ketika mendapati putrinya tergantung dengan seutas tali plastik di kamarnya.

Mengetahui keadaan itu, sang ayah dengan sigap mendobrak pintu kamar putrinya.

Diakui ayahnya, selama ini korban tidak pernah mengeluh, namun diduga kuat korban bunuh diri karena soal skripsi yang tak kunjung selesai. Sebelum peristiwa bunuh diri itu, korban sempat membuat status di BBM nya berbunyi : besok hari terakhirku.

6. Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara, Jawa Tengah
Dilansir dari Tribun, seorang mahasiswa bernama Valentina Anjuna Pangestika (23 tahun) ditemukan tewas di rumah kontrakkannya pada Selasa 16 Juni 2015 sore sekitar pukul17.30 WIB.

Korban tewas dengan cara menggantung diri di kontrakannya yang terletak di Pulosari Kecamatan Sukoharjo Jawa Tengah. Korban diketahui adalah mahasiswa semester 10 di Universitas Veteran Bangun Nusantara. Dia nekad mengakhiri hidupnya diduga karena stres memikirkan skripsi yang tak kunjung selesai.

Diketahui korban tewas dengan menggantung diri menggunakan tali sabuk bela diri. Korban ditemukan oleh Muh Azis, rekan kuliahnya. (net)
   

Post a Comment