Ads (728x90)

PADANGOS.COM (Padang)----Ajang Universitas Negeri Padang (UNP) Robot Contest (URC) yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Robotika dan Otomasi UNP (Robotik UNP), Sabtu (20/10) menjadi dominasi gelar juara bagi duta siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cendikia.

Bertempat di Gedung Serbaguna FT UNP ajang URC, yang merupakan perlombaan robotik untuk pelajar se-Propinsi Sumatera Barat dengan tema "Technology for Education" memperlombakan dua kategory lomba yakni lomba robot Sumo RC (Remote Control) 1 kg dan lomba robot Line Follower Analog. 

Di kategori Sumo RC (Remote Control) 1 kg, Juara I disabet tim Cocius, MAN INSAN CENDIKIA Padang Pariaman, yang diperkuat Ahmad Zakly, Idul Putra  dibawah pembinaan Marzuki IB. Untuk posisi kedua diraih tim  Pembangunan, SMA Pembangunan LAboratorium UNP yang bermaterikan, Vicko Al Agfi, Rizky Geo Rivanda dengan pembina Taufiq.

Sementara posisi ketiga ditempati tim Kota Debu, SMK Semen Padang (Aditya Pramana dan Muhammad Fathoni Fada dibawah besutan Jefrisson. Khusus untuk Desain Terbaik diberikan kepada tim M.R.T(Muhammadiyah Robotik Tim), SMK Muhammadiyah Padang (Helmy Prasetya Utama, Anggel Priadi dibawah binaan Yudi Saputra.

Untuk kategrory Line Follower posisi juara didominasi MAN Cendikia Padang Pariaman juara 1 diraih tim Nikon, yang diperkuat Fadhlul Arigi, Ilham firmansyah, Posisi juara 2 ditempati tim Voldomont (Ahmad mujahid Hedwar, M. Irsyad maulana) dan Juara 3, tim Saver (Deden Vernando, Sandy Azizi dengan pembina Marzuki.

Sementara untuk Best Design Line Follower Analog diraih: Mafia Robotik dari MA Arrisalah Padang (Fakhran Al-Anshari, Atthoriq Fauzan dibawah binaan Hade Apriansyah.

Ketua pelaksana URC 2018, Gheri Febri Ananda mengatakan tujuan kegiatan ini untuk  meningkatkan minat bakat pelajar untuk mempelajari teknologi melalui suatu kegitan positif. 

"Alhamdulilah pengenalan teknologi untuk pelajar SMA, SMK, MA sederajat dan SMP sederajat untuk menyiapkan pelajar menghadapi tantangan dimasa depan yaitu ERA Revolusi Industri 4.0, berlangsung sukses," ujarnya 

Sementara itu, Ketua Unit Kegaiatan Mahasiswa Robotika dan Otomasi UNP, Ilfan Suganda menuturkan, perlombaan robotik di URC 2018 berbeda dengan lomba robotik pada umunya karena pada event URC peserta diwajibkan membuat makalah serta video proses pembuatan  robot yang bertujuan supaya hasil dari riset para siswa dibantu yang guru dapat di bukukan dan ilmunya dapat dikembangkan untuk periode berikutnya, hal ini sesuai dengan tema kegiatan yaitu “ Technology for Education” , dan makalah nya akan disatukan dan dishare ke seluruh peserta yang terlibat. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment