Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Pembukaan pelatihan asuhan gizi dan dietetik (PAGD) VI 2018 dengan tema profesionalisme dietisien nutrisionis dalam peningkatan mutu pelayanan gizi berbasis Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) 2018, di Grand Inna Padang, Selasa, 30 Oktober 2018.

Pembukaan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang mengatakan, kegiatan ini memberikan motivasi kepada stakeholder yang ada di sini baik dari pemerintah, dinas terkait dan termasuk kesehatan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui makanan yang bergizi.

Terkait itu, ini merupakan salah satunya, karena kita juga mempunyai masalah stunting yang ada di Pasaman Barat walaupun tidak banyak, tapi itu merupakan persoalan kita yang harus diatasi. Tentu rekomendasi dari pelatihan ini tentu sangat berharga.

Intervensinya, kata gubernur, di datangi dan kemudian diberikan makanan yang bergizi untuk anak-anak yang masih masa pertumbuhan, dan dibantu sosialisasi tentang pengertian pentingnya gizi, serta diberikan dukungan.

Gubernur juga menyampaikan, daerah Padang Panjang wajibkan minum susu, daerah lain gimana?. "Baru Padang panjang, dan dia overproduksi susu sapi,"  kata irwan prayitno..

Terkait itu, gubernur menghimbau bupati dan walikota untuk fasilitasi minum susu untuk anak.

Selain itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (persagi) Miranti Gutawa menyampaikan, tema yang dipilih untuk acara ini, tepat dan sesuai di tengah situasi gizi nasional. 

Pelatihan ini dihadiri oleh 457 orang peserta dari berbagai Provinsi di Indonesia. Selain pelatihan, juga ada award, atas materi-materi ilmiah yang disampaikan peserta. (fardi)

Post a Comment