Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Universitas Negeri Padang kembali mengadakan rapat senat terbuka bertema "Dies Natalis Ke-64 Universitas Negeri Padang Menuju Global University pada Selasa (23/10) di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar Padang, Jln Prof Hamka.

Rapat senat terbuka diadakan beda dengan Dies Natalis sebelum-sebelumnya, kalau tahun sebelumnya rapat senat terbuka Dies Natalis dirangkai dengan Rapat Wisuda Terbuka. 

Seiring dengan Orasi Ilmiah Prof Mestika Zed, MA, pengajar jurusan sejarah dan Direktur Pusat Kajian Sosial-Budaya dan Ekonomi (KSBE), Fakultas Ilmu Sosial UNP sekaligus peresmian penetapan peringatan hari ulang tahun UNP yang diperguruan tinggi dengan istilah dies natalis, yang tahun-tahun sebelumnya diperingati 1 September pada tahun-tahun mendatang diperingati setiap tanggal 23 Oktober.

Pada kesempatan itu, Prof Mestika Zed memaparkan Temuan Data Pembanding pendirian PTPG Batusangkar, sebagai cikal bakal IKIP Padang, yang kemudia berevolusi menjadi UNP. Dari data yang dipaparkan itu terungkap pendirian PTPG Batusangkar pada 16 Agustus 1954 dan dibuka secara resmi pada tanggal 23 Oktober 1954.

Seperti biasanya Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis Ke-64 UNP diawali dengan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Quran. Selanjutnya pembukaan Rapat Senat Terbuka oleh Ketua Senat UNP, Prof. Z Mawardi Efendi.

Secara runtun, usai orasi ilmiah Prof Dr Mestika Zed, MA, dilanjutkan dengan sambutan Rektor UNP dan sambutan Kemenristekdikti yang diwakili Dirjen Belmawa, yang semula pada sesi ini adalah sambutan Kemenko PKM RI Puan Maharani. Karena sesuatu dan lain hal Menko PKM RI itu tidak berkesempatan untuk hadir.

Begitu rangkaian acara ditutup dengan pembacaan doa, Ketua Senat UNP, Prof Z Mawardi Efendi usai mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sivitas UNP selama ini menutup secara resmi Rapat Senat Terbuka yang diadakan khusus untuk puncak perayaan Dies Natalis UNP Ke-64.

Undangan Vip yang tampak hadir dalam Dies Natalis UNP Ke-64 ini adalah Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy, anggota DPR-RI Alex Indra Lukman, Ketua DPRD Sumbar yang diwakili Guspardi Gaus dan tokoh senio perantau minang, Fahmi Idris serta anggota Forkopimda Propinsi Sumbar dan Kota Padang, Ketua LKAAM Sumbar, Dt Sayuti.

Sementara mitra kerja UNP yang hadir adalah pimpinan Bank Nagari, BRI dan BNI 46 serta pimpinan BUMN lainnya. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment