Ads (728x90)

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)---Dalam meningkatkan motivasi dan pengembangan usaha Kelompok Swadaya Masyarakat (SM), Pemerintah Kota Pariaman melalui Bappeda, menggelar Pelatihan Vocational Training Bussines Development Center (BDC) Kota Pariaman tahun 2018, di Hotel Kassandra, Bay Pass, Selasa (13/11/2018).

Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutanya mengatakan bahwa yang terpenting dalam mengembangkan suatu usaha, adalah sebuah Komitmen, walaupun mempunyai modal dan tempat usaha, apabila tidak mempunyai komitmen untuk maju, maka usaha yang dirintispun tidak akan sukses.

"Kita harus mempunyai komitmen untuk maju, berkomitmen untuk sukses, dan komitmen dan terlepas dari kemiskinan. Komitmen juga harus dibarengi dengan motivasi dan karena itu kita menggagas untuk menggelar Vocational Training dengan mendatangkan Motivator untuk meningkatkan komitmen dan motivasi dari peserta", tuturnya.

BDC Angso Duo, Kota Pariaman, merupakan satu-satunya BDC yang ada di Provinsi Sumatera Barat, sejak berdiri tahun 2015, Kota Pariaman salah satu dari 15 daerah sebagai pilot project pelaksanaan program BDC di Indonesia.

"Kami berharap, agar BDC Angso Duo, sebagai satu-satunya pilot project di Provinsi Sumatera Barat ini, terus berupaya untuk berbenah, dan mampu bersaing dalam pengembangan dunia usaha, khususnya didalam pembinaan terhadap usaha kecil yang ada di Kota Pariaman, serta para KSM dan BDC Angso Duo, hendaknya dapat menjadi percontohanbagi kelompok masyarakat lainya", tutupnya.

BDC, merupakan Institusi atau unit organisasi sebagai simpul dari jaringan kemitraan yang memberikan jasa pelayanan terpadu untuk menumbuh kembangkan usaha yang produktif dan inovatif. BDC juga berperan dalam membangun Jaringan kemitraan sinergis antara masyarakat (BKM serta KSM produktif) dengan Pemda dan pelaku bisnis serta kelompok peduli lainnya dalam rangka mengembangkan produk unggulan daerah.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Maenager BDC Angso Duo, Masril mengatakan kegiatan Vocational Training BDC ini, diikuti sebanyak 120 orang KSM yang tersebar di Kota Pariaman.

"Acara Vocational Training ini diadakan selama 2 hari, mulai 13-14 November 2018, dengan Motivator nasional yang kita datangkan, bapak Dedi Vitra Johor. Selain itu, kita juga melakukan pelatihan menjahit dan pola baju, serta pelatihan membuat renda bangku yang akan dilaksanakan 15 November mendatang", ujarnya.

Kegiatan ini didanai oleh Pemerintah Pusat, melalui Satuan Kerja (Satker)Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Sumatera Barat, yang mengalokasikan dana sebesar Rp. 500 juta untuk kegiatan Pelatihan Vocational Training BDC, kepada BDC Angso Duo Pariaman, dimana Tahap I ini dicairkan Rp 350 juta (70%), dan sisanya Rp. 150 juta (30%) untuk tahap II setelah selesai program pelatihan, ucap Masril mengakhiri.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Satker PKP, Provinsi Sumbar, Edvin Hardo, Team Leader Konsultan Manajemen Wilayah  Oversight Consultant (OC) 2, KOTAKU Provinsi Sumbar,  Bajang Ahmadi, Bappeda Kota Pariaman, Fadhli, Kadis Perkimtan Kota Pariaman, Rismen, para narasumber dan Pengelola BDC Angso Duo Kota Pariaman. (J)

Post a Comment