Ads (728x90)

TABLOID BIJAK (Padang)---Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, ada 3 hal yang ditekankan dalam rapat koordinasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota se-Sumatera Barat 2018 kali ini, di hotel pangeran beach, Senin, 12 November 2018.

Lanjutnya, 3 hal yang ditekankan gubernur itu. Pertama, terkait peran camat sebagai tulang punggung yang harus mempunyai kapasitas kompetensi.

Maka Bupati dan Walikota harus memberikan peningkatan kapasitas dan juga memilih camat yang berkapasitas.

Sehingga bisa menjalankan pemerintahan secara umum, dan pemerintahan pusat yang ada di kecamatan.

Selain itu, kata gubernur, kewenangan dan tugas Bupati dan Walikota pun dijalankan oleh camat ditingkat kecamatan.

Kedua, optimalisasi daerah untuk bisa meningkatkan PAD dan bisa mensejahterakan rakyat baik melalui investasi, perdagangan dan lainya. Terakhir, kerjasama.

Selain 3 hal tersebut, Gubernur juga mengatakan, terkait di berbagai kelurahan banyak kekosongan, baik itu Kabupaten Kota di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia.

Terkait itu, kata gubernur, penerimaan pegawai itu kita terbatas, seperti sekarang ini yang banyak guru dan tenaga kesehatan, tapi yang berkaitan dengan kepamongprajaan itu masih belum banyak. Itu hanya baru masuk dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) saja, dan itu tidak mencukupi untuk kelurahan.

"Ini juga usulan kita ke pusat untuk menambah pewagai di bidang kepamongan untuk dilurah," ujar Irwan Prayitno. (fardi)

Post a Comment