Ads (728x90)

PADANGPOS>COM (Padang)--- -- Perkembangan ilmu tidak akan seimbang jika tidak dibarengi dengan sentuhan seni. Hal itu dibuktikan dengan eksisisten jurusan seni rupa, khususnya program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), salah satu jurusan yang diminati saat ini.

"Lulusan Prodi DKV Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni ini dimasa datang merupakan salah satu prodi yang memiliki daya saing dan kompetitif, jadi pantas prodi DKV menjadi unggulan FBS saat Revolusi Industri 4.0," kata Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Gaanefri ketika membuka Pameran Seni Rupa dan Desain dalam rangka memperingati 55 tahun jurusan seni rupa FBS UNP, Senin (12/11).

Pameran Seni Rupa dan Desain berskala Nasional mengusung tema "Sadantiang". Pameran menampilkan 50-an karya seni rupa, berbagai karya seni yang dipamerikan memiliki orientasi yang berbeda.

Menurut Rektor Prof Ganefri, memontum memperingati ulang tahun jurusan seni rupa FBS UNP ini perlu diapresiasi banyak pihak karena akan berdampak positif bagi peningkatan citra dan kualitas jurusan seni rupa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, universitas juga akan mendorong prodi DKV jurusan Seni Rupa FBS menuju akreditasi A, karena bila pengelolan Prodi DKV berbasis enterpreneurship bisa menjadi Prodi unggulan dimasa mendatang. Namun, akreditasi Prodi B yang dimiliki saat ini tentu belum bisa diharapkan 

Sementara itu Ketua Jurusan Seni Rupa FBS UNP mengatakan latarbelakang ivent ini merupakan kepekaan mengantisipasi arus perubahan besar jagad kesenirupaan dan desain komunikasi visual. 

"Menanggapi isu kekinian itulah kami mendorong digelarnya Pameran Seni Rupa dan Desain "Sadantiang", ujar ketua jurusan Seni Rupa FBS UNP, Syafwan, MSi.

Ketua Panitia, Dini Faisal melaporkan fenomenal berkesenian pada akhir-akhir ini berada pada fenomenal kontemporer, tidak lagi memiliki kecendrungan pada bahasa universal. Justru karakter identitas lokal menjadi hal yang cendrung dicari akhir-akhir ini.

"Jadi tema "Sadantiang" adalah tema yang tepat pada 55 Tahun jurusan Seni Rupa FBS UNP kali ini," ujarnya.

Usai pameran ini dibuka oleh Rektor Prof Ganefri, dilanjutkan dengan pengguntingan pita menandai dimulainya pameran ini dan Rektor bersama civitas akademika FBS UNP mengunjungi lokasi pameran seni rupa ini di kampus FBS UNP Padang, Jln Prof Hamka. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment