Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Sijunjung)--- Kapolres Sijunjung, Polda Sumbar, AKBP Haji Imran Amir, SIK, MH, menyatakan siap mengamankan pelaksanaan kedatangan pebalap Tour de Singkarak (TdS) ke-X  finish di Etape 1 Sijunjung dan etape 2 yang dilalui pebalap.

"Untuk pengamanan ini, Polres Sijunjung kerahkah 255 personil. Selain itu pengamanan juga dibantu personil gabungan termasuk TNI, Satpol PP, Dishub dan OPD terkait lainnya yang total keseluruhan 360 personil,"ucap AKBP Haji Imran Amir, SIK, MH usai melaksanakan apel kesiapan pengamanan TdS pada Jumat (2/11/2018).

Disebutkan kapolres, pengamanan dilakukan disetiap rute yang dilalui pebalap hingga ke titik finish di depan gedung Pancasila Muaro Sijunjung pada Minggu. "Polres Sijunjung punya kendali penuh dalam pengamanan TdS ini,"ucap kapolres dalam apel gelar pasukan pengamanan itu.

Tak ditampik, ternyata rute jalan banyak yang rawan karena rusak, seperti di jalan Adinegoro dan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). TdS yang dilewati pebalap diwilayah hukum Polres Sijunjung pada Minggu dan Senin. 

"Untuk itu kami juga minta pada masyarakat rute yang dilewati pebalap untuk tidak dilintasi dan serta tidak mengganggu rute,"ucap kapolres.

"Juga dihimbau pada seluruh personil Polres untuk mengamankan seluruh jalur dan harus mentup jalur yang dilakui. Handy Talky (HT) harus diaktifkan semua, karna HT bisa menjangkau hingga ke Kamang Baru dan HT bisa dipergunakan personil. Diingatkan untuk tidak ada yang membawa senjata api dan pengamanan ini dua hari laksanakan karena pada Minggu finish di Sijunjung dan hari Senin star Sawahlunto menuju Dharmasraya. Jadi tugas Polres Sijunjung cukup berat,"terang kapolres.

TdS 2018  ini diikuti 13 negara dengan jumlah pebalap 122 peserta dengan jumlah tim sebanyak 21 tim termasuk dari Indonesia. 

Ke-13 negara yang ikut menjadi peserta pebalap TdS X 2018 itu, terdiri dari pembalap Australia, Cambodia, China, Germany, Indonesia, Iran, Japan, Korea, Laos, Malaysia, Philippines, Thailand dan Vietnam.

Para pebalap etape I itu akan finish didepan gedung Pancasila Muaro Sijunjung sekitar pukul 13.30 WIB tepat pada Minggu (4/11/2018). 

Inilah etape 1 TdS yang akan dilalui para pebalap. Para pebalap etape 1 stard dari Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Sijunjung dengan jarak tempuh sepanjang 140,5 km.

Stard dari Lapangan Kantin–Jl. Sudirman–Panorama–Ps. Banto – Simp. Mandi Angin–Jl. Hamka – Simp.Tarok – Sim Tanah Jua – Simp.Birugo–(loop 2 kali)–Simp Bypass–Baso–Batusangkar–Istano Basa pagaruyung – Saruaso – Sitangkai–Tj. Ampalu–Gambok – Adinegoro–Simp. Muaro Bodi (ke kanan)–Jl. Lintas Sumatera – Tanah Badantuang (ke kiri) –Jembatan Padang Ranah–Tugu Bundo Kanduang (ke kiri)–Perkampungan Adat–Tanah Bayi–Simpang Air Angek (ke kanan) – dan finish di Muaro Sijunjung tepatnya depan Gedung Pancasila.

Keesokan harinya para pebalap memasuki etape 2 dengan star di Kota Sawahlunto dan finish di Kabupaten Dharmasraya dengam jarak tempuh 204.1 km.  Star di Lapangan Segi Tiga – Depan Museum Kereta Api – Depan Mesjid Agung – Depan Rumah Dinas Wako – Depan Kantor Pos – Bawah SMP N 1 – Depan TK Lignita – Depan Radio Sawah Lunto – Gang III Tanah Lapang – Jembatan Gang VII– Lapangan Segitiga – Pasar Remaja – Depan Kantor Pos – Kelok S – Simp. Muaro Kalaban - Jl. Lintas Sumatera – Pulau Punjung – Sikabu – Koto Tuo – Sitiung – Sungai Duo – Koto Padang – Simp. Tugu Koto Baru – Pasar Ampalu – Simp. Kurnia Koto Salak–Simp. Tugu Sungai Rumabi – Koto Baru – Kotopadang–Gunung Medan–Tabing Tinggi – Sikabu – Sungai Dareh dan finish di Kantor Bupati Dharmasraya. saptarius

Post a Comment