Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)-----Universitas Negeri Padang mendorong para mahasiswanya untuk menambah wawasan tentang dunia luar dan budaya negara lain, sembari memperbaiki kemampuan bahasa asing, salah satunya ke Perancis.

"Kita memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para mahasiswa terlibat pembelajaran keluar negeri guna  meningkatkan ketrampilan lulusan UNP dalam masyarakat global," ujar Wakil Rektor 4 UNP, Prof Syahrial Bakhtiar, Rabu (31/10).

Bertempat di di ruang sidang senat Lt IV, Gedung Rectorate and Research Center, Prof Syahrial Bakhtiar dalam sambutan pada sosialisasi program beasiswa yang disediakan oleh Campus France mengatakan jumlah pertukaran mahasiswa ke luar negeri saat ini belum memenuhi target, UNP akan menfasilitasi para mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa ke Perancis, begitu juga kalau ada mahasiswa Perancis yang mau melanjutkan pendidikannya di UNP. 

Prof Syahrial menuturkan UNP menyemangati mahasiswa terkait studi dan beasiswa di Perancis guna membakar semangat mahasiswa melanjutkan kuliah di luar negeri, khususnya Perancis. 

"Perancis sendiri merupakan penerima mahasiswa asing terbanyak ke-4 di dunia, bahkan mahasiswa yang tidak berlatar belakang bahasa Inggris turut memiliki peluang untuk kuliah ke Perancis," jelasnya

Sementara itu Nur Fitria selaku Penanggung Jawab Campus France di Jakarta, mensosialisasikan berbagai macam beasiswa yang disediakan oleh Campus France yang saat ini menjadi wadah perkumpulan alumni, diantaranya beasiswa IFI Excellence, Eiffel Scholarship, MOPGA, dan Erasmus.

Dikatakannya, rata-rata beasiswa yang ditawarkan mewajibkan calon mahasiswa lulus terlebih dahulu di salah satu kampus di Perancis. Nur juga menyebutkan gambaran kehidupan dan biaya hidup di Perancis, memang tidak murah namun mahasiswa dibolehkan bekerja paruh waktu maksimal 20 jam seminggu. Saat ini ada sekitar 200 perusahaan Perancis di Indonesia, jadi tidak ada alasan lagi untuk takut melanjutkan kuliah di Perancis. 

Seperti diketahui, negara ini memiliki peran penting dalam dunia fashion dan kuliner, serta membanggakan galeri seni, arsitektur bangunan, perkebunan wine, dan kota-kota yang menarik. Paris adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan Eiffel Tower dan Notre Dame sebagai atraksi populernya. 

"Pada pertukaran pelajar ke Perancis kami, Anda bukanlah seorang turis, namun menjadi bagian dari komunitas setempat," imbuh Nur Fitria. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment