Ads (728x90)

BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat) --Kepala Kantor Kementeria  Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman Barat, Drs H. Miswan,  himbau agar dari awal para Jemaah Calon Haji (JCH) menyelesaikan seluruh kelengkapan dokumen keberangkatan mereka ke tanah suci, sebab, dari 374 JCH baru 40 persen yang sudah terrealisasi dokumennya.

"Kita menghimbau agar mereka menyelesaikan seluruh  dokumen keberangkatan mereka serta mengikuti prosedur  yang telah di tentukan sehingga saat keberangkatan nantinya  tidak adalagi kendala," Miswan, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Suharjo, diruang kerjanya, Kamis 24/1/2019.

Dikatakan, sebanyak 374 orang JCH Pasaman Barat, data yang terrealisasi baru 40 persen sehingga perlu dilakukan percepatan melengkapi dokumen keberangkatan mereka, sehingga dapat dilakukan tahapan-tahapan tuk keberangkatan, diantaranya mengikuti manasik, baik itu secara perorangan maupun secara pemerintahan.

Sebanyak 374 JCH Pasaman Barat terdiri dari 11 kecamatan diantaranya dari Kecamatan Talamau sebanyak,  15 orang. Kecamatan Pasaman, 93 orang. Kecamatan Luhak Nan Duo, 53 orang. Kecamatan Kinali 74 orang. Kecamatan Sasak Ranah Pasisie 10 orang. Kecaatan  Gunung Tuleh, 5 orang. Kecamatan Sungai Aua 33 orang. Kecamatan Lembah Melintang 47 orang. Kecamatan Sungai Beremas 10 orang.  Kecamatan Koto Balingka 19 orang dan Kecamata Ranah Batahan, 18 orang.

"Kemungkinan ini juga masih ada penambahan secara gabungan, karena kalau usia pendaftaran  sudah melebihi tiga  tahun, diantaranya ada istri atau suaminya yang berangkat otomatis mereka akan di berangkatkan secara bersama-sama sehingga keberangkatan  mereka tidak terpisah,"kata  Suharjo.

Selain itu lanjut mereka, diharapkan  para JCH dapat mempersiapkan diri ataupun menjaga kesehatan secara fisik dan mengikuti prosesi manasik, baik secara pribadi maupun secara pemerintahan.

"Kita berharap JCH kita betul-betul mengikuti prosedur dan langkah-langkah manasik karena manasik yang dilakukan adalah perjalana haji yang akan dilaksaakan di Makkah nantinya," katanya. (Arafat)

Post a Comment