Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri adalah salah satu pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang getol berolahraga tenis lapangan, melakukan komunikasi dan bersilaturahmi dengan para pejabat baik dilingkungan Kemenristekdikti atau tidak melalui olahraga tenis lapangan.

Dalam bulan Januari dan Februari 2019, Rektor Prof Ganefri sudah dua kali melayani para mitra dan sahabatnya bermain tenis. Hal ini karena Ganefri memahami bahwa bermain tenis lapangan bagi tubuh tidak hanya mengeluarkan keringat yang mengucur selama bermain tenis. Beberapa gerakan saat bermain tenis juga dipercaya memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu olahraga tak ragu menyebut tenis lapangan sebagai salah satu olahraga terbaik.

Berdasarkan studi yang dilakukan Dr. Joan Finn dan rekan-rekannya, di Southern Connecticut State University, dikatakan Ganefri, para pemain tenis merasakan manfaat olahraga tenis lapangan, yakni bisa memiliki kekuatan yang lebih tinggi, optimistis, dan meningkatkan rasa percaya diri meskipun dalam keadaan tertekan, marah, bingung, cemas, dan tegang dibandingkan dengan atlet lainnya.

Hal itu karena tenis lapangan membutuhkan kewaspadaan dan berpikir taktis, sehingga tenis dapat menghasilkan koneksi baru antara saraf di otak. Cara ini ternyata juga mampu menjadikan jaringan otak berkembang seumur hidup. Berikut beberapa manfaat olahraga tenis bagi tubuh yang berasal dari gerakan saat bermain tenis lapangan.

Usai kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum Rektor Indonesia, Sabtu (9/2) lalu, salah seorang nara sumber, Prof Dr Rochmat Wahab, mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyempatkan diri bermain tenis di Lapangan Tenis Sport Science UNP pada Ahad (10/2) pagi.

Rektor UNP itu berpasangan dengan Dr Alnedral, sementara mantan Rektor UNY itu berpasangan dengan Yasri Yantova, pegiat olahraga tenis lapangan Kabupaten  Agam, yang kebetulan juga rutin bermain tenis di UNP. Pertandingan persahabatan itu berakhir dengan kemenangan Ganefri/Alnedral dengan skor tipis 8-7. (Agusmardi)

Post a Comment