Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Untuk menjaga lingkungan kampus Universitas Negeri Padang (UNP) tetap asri, tak pelak menggerakan kampus hijau dengan penanaman pohon terus di upayakan Rektor UNP, Prof Ganefri. Kali ini kehadiran Ketua DPD-RI, Dr H Oesman Sapta Dt Bandaro Nan Kayo dalam rangka Dialog Nasional yang dihelat di Auditorium UNP, Sabtu (23/2/2019) lalu diminta  menanamkan pohon. 

Setelah memberi orasi sosialisasi empat pilar di depan seribuan mahasiswa UNP, Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang atau akrab disapa OSO bergegas menuju halaman rumput depan Gedung Rektorat universitas tersebut. Di halaman tersebut sudah tersedia sebuah lubang yang dicangkul sedalam sekitar 20 cm dan sebuah bibit pohon manggis.

OSO menimbun akar dari bibit pohon manggis itu dengan beberapa sekop tanah, begitu juga istrinya tercinta serta mantan Panglima Tentara Laut Diraja Malaysia Tan Sri Ahmad Kamarulzaman Ahmad Badaruddin, disaksikan sejumlah tokoh seperti Rektor UNP Ganefri, Ketua DPW Gebu Minang Sumatera Barat Boy Lestari Dt Palindih dan sejumlah anggota DPR RI serta DPD RI dari Sumatera Barat.

Pohon manggis itu pun diberi nama sesuai Oesman Sapta Odang yang tertulis dalam sebuah patok bambu yang ikut ditanam di depan pohon itu.

“Bismillah semoga cepat tumbuh, subur, dan banyak buahnya,” ujar OSO diikuti tepuk tangan tokoh yang lain.

Penanaman pohon manggis yang diberi nama Oesman Sapta Odang itu merupakan ide dari Rektor UNP Ganefri yang sebenarnya sudah disimpan sejak lama.

“Sebenarnya penanaman itu mau kita laksanakan pada saat kunjungan Pak OSO sebelumnya saat menerima penghargaan Doktor Honoris Causa, tapi karena jadwal yang padat akhirnya tak jadi tapi lubangnya tetap kami biarkan sampai sekarang,” ungkap Ganefri kepada OSO.

Ganefri juga mengungkapkan alasan kenapa yang dipilih pohon manggis. Menurutnya penanaman pohon manggis itu bertujuan sebagai doa supaya OSO berumur panjang.

“Kami pilih pohon manggis karena manfaatnya banyak dan berumur panjang, semoga ketika pohon ini sudah berbuah nanti Pak OSO bisa datang dan memetik buahnya, kita doakan beliau panjang umur,” jelas Ganefri.

Seperti diketahui gerakan Kampus Hijau di UNP memang telah direncanakan Rektor UNP beberapa waktu lalu. Kalau pada hari Ahad (28/10/2018) mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim yang menanam pohon, maka pada Senin (29/10/2018) siang Presiden RI Ke-5, Megawati Soekarno Putri yang menanam pohon. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment