Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Banyak harapan dan doa saat sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Padang (UNP) melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Neger) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)  dan jalur mandiri 2018. Beberapa harapan siswa , SMA, SMK dan MAN se-Kota Padang, mereka dapat berkuliah dan beasiswa bidikmisi di UNP.

Di Kota Padang yang dihadiri langsung Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD, siswa SMA, SMK dan MAN berharap dengan Akreditasi A yang dimiliki UNP menjadikan universitas ini, memiliki legalitas yang layak saat menjadi sarjana nanti bisa memperoleh perkerjaan dan penghidupan yang layak.

"Semoga sarana dan prasarana yang memadai dan tenaga pengajar (baca: dosen) cukup dan memiliki keahliannya mengampuh mata kuliah. Diterima sebagai mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN di UNP sesuatu yang saya harapkan," ujar Salsabila, siswa SMA Negeri 2 Padang seusai sosialisasi di Auditorium UNP, Rabu (6/2).

Suasana Auditorium UNP itu ramai seharian. Para siswa Kelas 3 SMA, SMK dan MAN se-Kota Padang bergantian dan bergelombang mendatangi Auditorium UNP. Rombongan pertama pukul 09.00 WIB penjelasan jalur SNMPTN dan jalur mandiri 2018 usai dibuka Rektor UNP, Prof Ganefri, para siswa mendapatkan informasi seputar jalur masuk UNP itu dari Wakil Rektor 2, Syahril, PhD dan Wakil Rektor 3, Prof Ardipal.

Rektor UNP, Prof Ganefri pada kesempatan itu mengatakan informasi masuk PTN 2019 dalam rangkaian persiapan menjelang SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri UNP 2019 yang dilakukan oleh UNP agar dapat diketahui dengan baik oleh para siswa dan guru, khususnya di Kota Padang

SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan prestasi akademik calon mahasiswa, sedangkan SBMPTN adalah jalur seleksi berdasarkan tes tertulis yang diselenggarakan bersama melalui sistem terpadu di bawah koordinasi Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2019.

Perwakilan sekolah-sekolah yang belum memahami secara rinci dapat mengakses informasi penerimaan mahasiswa baru melalui situs resmi dari Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2019. Pengumuman resmi penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru dapat diakses di  http://snmptn.ac.id dan http://sbmptn.ac.id/. “Pengumumannya sudah ada kok, tinggal klik dan baca infonya di situsnya SNMPTN dan SBMPTN”, ujar Prof. Ganefri, PhD. 

UNP sampai sejauh ini masih membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Pada kesempatan sosialisasi ini dibuka sesi tanya jawab. Acara yang berlangsung sukses di Auditorium UNP itu difasilitasi Humas UNP.

Mahasiswa baru UNP pada tahun ini memiliki kesempatan untuk masuk kelas internasional berbahasa Inggris. Sehingga mahasiswa UNP memiliki kesempatan bekerja diluar negeri. Sehingga, alumni UNP dimasa mendatang khususnya kependidikan tidak selalu mengajar di dalam negeri tapi juga menjadi guru diluar negeri, paling tidak dilingkup negara ASEAN.

Sosialisasi telah selesai dilaksanakan pada hari Rabu 6/2) untuk sekolah-sekolah di Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Untuk Kota Bukittinggi pelaksanaan sosialisasi dikoordinir Wakil Rektor 1, Prof Yunia Wardi. Sosialisasi tahap berikutnya, selanjutnya akan digelar untuk sekolah-sekolah kabupaten Dharmasraya, Solok, Pessel dan kabupaten dan kota lainnya.

Wakil Rektor 1, Prof Yunia Wardi selaku penanggungjawab sosialisasi SNMPTN 2019 yang dilakukan oleh UNP agar dapat diketahui dengan baik oleh para guru, khususnya di Sumatera Barat. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment