Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Jakarta) -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) turut belasungkawa atas berpulangnya putra terbaik bangsa asal ranah Minang, Almarhum Awaloedin Jamin di RS Medistra, pukul 14.45 WIB, Kamis 31 Januari 2019 kemarin.

"Kami atas nama gubernur dan wakil gubernur selaku Pemprov Sumbar turut belasungkawa. Semoga amalan almarhum diterimaNya," ucap Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di rumah duka di auditorium PTIK, Kebayoran Lama, Jaksel, Kamis malam 31 Januari 2019.

Didampingi Sekdaprov Alwis,  disela-sela ta'ziah, Nasrul Abit juga melafazkan doa untuk almarhum. Dengan harapan, semoga Allah Swt mengampuni dosa-dosa beliau dan segala karya serta pengabdian beliau terhadap kemajuan bangsa hendak menjadi amalan di sisi Tuhan yang Maha Esa.

Pada waktu yang sama, Nasrul juga menuturkan rasa haru dan bangga terhadap pengabdian dan karya prestasi Almarhum Awaloedin Jamin, baik dizaman perang kemerdekaan dan zaman kemerdekaan. Pasalnya, almarhum dinilai telah meletakkan dasar-dasar pembangunan bangsa yang terbaik, terutama di tempat pengabdiannya semasa hidup. 

"Beliau merupakan inspirasi dan sebagai suri teladan yang baik, sebagai anak bangsa yang mencinta negaranya," ujar mantan Bupati Pessel dua periode ini.

Wakil Gubernur Sumbar ini menyampaikan almarhum Awaloedin meninggal karena sakit, meskipun sudah sering berobat akibat sakit yang dideritanya. Sebab itu pula, ia turut berpesan kepada keluarga yang ditingalkan agar dapat tabah dan sabar atas cobaan ini.  

"Kita juga berharap kegigihan, kecerdasan, pengabadian dan perjuangan Awaloedin Jamin dapat menjadi inspirasi dilanjutkan oleh generasi muda bangsa ini dimasa-masa mendatang," sebutnya.

Berdasar informasi yang dihimpun Tabloidbijak.com Awaloedin Jamin merupakan Kapolri periode 1978-1982. Selama mengabdi di kepolisian, Awaloedin Jamin menerima sejumlah penghargaan sebagai tanda jasanya di antaranya menerima Bintang Dharma, Bintang Bhayangkara, dan Bintang Mahaputra Adipradana. 

Selain itu, ia juga pernah menerima penghargaan Satya Lencana Perang Kemerdekaan (I dan II), SL Karya Bhakti, SL Yana Utama, SL Panca Warsa, SL Peringkat Perjuangan Kemerdekaan RI, SL Penegak Veteran Pejuang Kemerdekaan RI. (zd/fardi)

Post a Comment