Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)------Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD meminta civitas akademika jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik untuk bersinergi mendorong kualitas manajemen, sarana prasarana, kurikulum, SDM dosen, publikasi ilmiah, kerjasama dan prestasi mahasiswa Prodi D3 Teknik Mesin menjadi lebih kompetitif.

Hal tersebut disampaikan Ganefri saat membuka pelaksana akreditasi Prodi D3 Teknik Mesin FT oleh asesor yang diutus oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang merupakan lembaga independen yang bertugas melaksanakan akreditasi semua program studi dan institusi suatu kampus, Rabu (13/3).

Ganefri menyebut akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk pengakuan atas kualitas dari sisi manajemen, sarana prasarana, kurikulum, SDM dosen, publikasi ilmiah, kerjasama dan prestasi mahasiswa. Bahkan berbagai lembaga lapangan kerja dalam proses penerimaan sudah mensyaratkan pagi pelamar harus berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi A dan B. Hal ini menerangkan bahwa nilai akreditasi tersebut sudah menjadi acuan suatu kampus berkualitas dan tidak.

"Ini waktunya untuk menjadikan Akreditasi D3 Teknik Mesin FT dari Akreditasi B menjadi Akreditasi A, karena dunia kerja sudah berubah cepat butuh tenaga terampil yang siap pakai," kata Ganefri.

Ia menekankan perlunya kontribusi signifikan dari civitas akademika Prodi Teknik Mesin dalam mengimbangi cepatnya laju perubahan yang terjadi di dunia kerja.

Pada Prodi D3 Teknik Mesin seperti yang disampaikan Dekan FT UNP, Dr Fahmi Rizal yang melaksanakan asesor adalah Dr. Eng Widia Wijayanti dan Firdaus ST. MT. Ia mengharapkan, proses akreditasi Prodi D3 Teknik Mesin yang akan dilaksanakan oleh Tim Asesor BAN-PT tersebut dapat melakukan asesmen terhadap borang dan evaluasi diri Prodi. Selain itu, juga mengecek semua dokumen terkait, melakukan wawancara langsung kepada dosen, mahasiswa, stakeholders dan lulusan.

"Proses akreditasi Prodi ini telah melalui beberapa tahap, diantaranya pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, pengiriman borang dan evaluasi diri ke BAN-PT Jakarta, dan visitasi langsung oleh tim asesor BAN-PT." ujar Fahmi Rizal didampingi Ketua jurusan Teknik Mesin FT UNP, Dr Ir Arwizet, ST, MT dan Ketua Prodi D3 Teknik Mesin, Hendri Nurdin, ST,MT.

Usai pembukaan visitasi Prodi D3 Teknik Mesin itu, selanjutnya dekan fakultas didampingi wakil dekan memaparkan borang dan evaluasi diri 
paparan ketua Prodi terhadap borang dan evaluasi diri yang telah dikirim ke BAN-PT. Tim asesor juga melakukan wawancara langsung kepada dosen, pengguna lulusan (stakeholders), alumni dan mahasiswa.

Dekan FT UNP, Fahmi Rizal yakin Prodi D3 Teknik Mesin akan dapat mempertahankan nilai akreditasi “B” dan kalau bisa menuju Akreditas "A".

"Dari isi borang dan evaluasi diri, serta kelengkapan dokumen yang ada, optimisme untuk mempertahankan nilai tersebut dapat kita capai. Optimisme tersebut tentu sangat berdasar karena dari semua indikator kita telah penuhi dengan baik. Kualifikasi dosennya sudah sangat baik, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dosen juga baik, prestasi dan kegiatan mahasiswa kita unggul, lulusan kita diserap diberbagai lapangan kerja, dan juga prestasi lainnya. Maka kita sangat optimis akan meraih nilai maksimal. Nilai ini sangat kita harapkan untuk terus mamajukan prodi dalam berkiprah memenangkan berbagai hibah nasional dan meraih prestasi yang membanggakan civitas, tutur Ketua Prodi D3 Teknik Mesin, Hendri Nurdin, ST,MT. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment