Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Guru mesti memiliki peran untuk membangun karakter siswa supaya Olah Pikir, Olah hati, Olah Raga, dan Olah Rasa/ Karsa dapat tertanam pada diri dan jiwa setiap siswa. Terlebih ketika era revolusi indsutri 4.0. peran guru lebih fokus mendidik siswa. Selain menyelenggarakan pendidikan tinggi, sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) UNP, terus berupaya meningkatkan kualitas guru.

Wakil Rektor 1 UNP, Prof Yunia Wardi berpendapat uji kompetensi benar-benar diharapkan menghasilkan guru-guru masa depan yang professional. "Guru sekarang harusnya tetap menjaga proses belajar, menjadi mediator yang baik dan mampu meluruskan apa yang keliru ketika ada murid yang melenceng jauh dari pelajaran," kata WR1 UNP, Prof Yunia Wardi saat memberikan sambutan pada pembukaan Orientasi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 di Gedung Serbaguna FT UNP, Senin (4/3/2019).

Sekretaris LP3M UNP, Bachrul Amin dalam laporan mengatakan kegiatan Orientasi akademik program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan bersubsidi tahun 2019 turut juga dihadiri oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertindak sebagai verifikator dokumen peserta. 

Seperti yang diketahui bahwa dalam PPG ini terbagai menjadi 2 yaitu PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan. PPG Prajabatan diperuntukan untuk calon guru yang nantinya akan terjun mengajar untuk mendapatkan sertifikasi mengajar sebagai guru. Mulai saat ini PPG Prajabatan dibawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dan untuk PPG Dalam Jabatan diperuntukan bagi Guru yang sudah mengabdikan diri sebagai pengajar untuk mendapatkan sertifikasi. Untuk PPG Dalam Jabatan mulai saat ini dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pemateri dalam orientasi ini menyampaikan materi tentang Pendidikan Unggul, Khusus, Berperinci, dan Berkarakter. Dimana untuk Olah pikir ini aspek parameternya adalah cerdas, kritis, kreatif, inovatif, berpikir terbuka, berorientasi ipteks, dan reflektif. Untuk aspek parameter Olah Hati adalah beriman dan bertakwa, jujur, bertanggung jawab, berani mengambil risiko, pantang menyerah, dan berjiwa patriotik. Selanjutnya yaitu Olah Raga yang memiliki aspek parameter bersih dan sehat, disiplin, sportif, andal, bersahabat, kompetitif, ceria, dan gigih. Dan yang terakhir adalah Olah Rasa/ Karsa yang memiliki aspek parameter ramah, saling menghargai, toleran, peduli, gotong royong, suka menolong, kerja keras, nasionalis, dan beretos kerja. Dalam ke 4 hal tersebut seharusnya dimiliki oleh setiap siswa. 

Sementara itu Dr Edwin Musdi mengungkapkan kegiatan selanjutnya yaitu pengecekan dan pemverifikasian dokumen setiap peserta untuk dapat mengikuti PPG Daljab ini. Kegiatan ini dihandle langsung oleh pihak kemendikbud untuk penjelasan secara mendetail. Satu persatu setiap peserta dipanggil untuk maju kedepan untuk menerima sebuah map yang didalamnya berisi Pakta Integritas, MoU untuk mengikuti PPG Daljab ini, dan beberapa berkas yang harus dilengkapi oleh peserta. Adapun beberapa perserta yang belum lengkap dokumennya diharuskan untuk melengkapi pada hari itu juga karena berkas ini akan langsung dibawa ke pusat untuk pengecekan kembali dan penyaluran dana bantuan Pendidikan ke setiap peserta.

Semoga setelah adanya Orientasi Akademik ini para peserta, yang berjumlah 310 orang PPG Daljab dapat menjalani proses lokakarya dengan sungguh sungguh dan hasil akhir yang dapat membawa mereka untuk lulus dan mendapatkan sertifikasi pendidik. Semoga. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment