Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Calon guru untuk yang dipersiapkan memenuhi kebutuhan guru untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak Indonesia di Malaysia, Kamis (28/3/2019) pagi di Universitas Negeri Padang (UNP), diseleksi dan mendapat arahan Rektor UNP, Prof Ganefri.

Dihadapan Ketua LP3M UNP, Dr Edwin Musdi dan Edna Betty dari Dirjen GTK Direktorat Pembinaan Guru Dikdas dan Kepala Pusat Pengalaman Lapangan (PPL), Dr Waskito dan sekitar 30-an calon guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) di ruang pertemuan FT UNP, Rektor UNP, Prof Ganefri mengingatkan semua peserta seleksi mesti mengikuti tahapan seleksi dengan baik.

"Jangan ada tahapan tes yang tidak diikuti dan seluruh berkas persyaratan disiapkan, baik asli maupun fotocopy. Ini kesempatan bagi alumni UNP untuk meningkatkan pengabdiannya ke luar negara," tutur Ganefri.


Kepala PPL LP3M UNP, Dr Waskito menyatakan seleksi bagu guru SILN ini akan melewati tahap kedua yaitu tes psikotest, wawancara, peer teaching dan leadership group discussion, dan sebelumnya tahap 1, pendaftaran online.

"Dari puluhan yang mendaftar 30 orang diantaranya dinyatakan lolos seleksi tahap 1," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua LP3M UNP, Edwin Musdi menjelaskan bagi calon guru yang dinyatakan lolos seleksi akan bertugas di Malaysia selama dua tahun. Sistim seleksi tahun 2019 telah melibatkan LPTK UNP.

Menurutnya, dengan dilibatkannya UNP sebagai LPTK yang merekrut SILN, peluang alumni UNP untuk bekerja di luar negeri semakin besar. "Salah satu jalan untuk menjadi guru adalah melalui program SILN," katanya. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment