Ads (728x90)

Padang -- Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kuliah umum bertajuk "Menyiapkan Infrastruktur dan SDM Menapaki Industri 4." di Auditorium UNP, Kamis (11/4/2019).

Kuliah umum tersebut selain menghadirkan Menteri Kominfo Rudiantara, yang Sumando Urang Awak itu sebagai pembicara utama dihadapan ribuan mahasiswa PTN dan PTS Se-Sumatera Barat dan perwakilan pelajar SMA dan SMK se Kota Padang, juga menghadirkan Chief Operating Officer PT Tokopedia, Melissa Siska Juminto.

Pada kuliah umum itu, Menteri Kominfo RI, Rudiantara memaparkan perkembangan Indonesia dulu dan sekarang dari prespektiv Industri 4.0, dan berbagai bisnis layanan online serta memaparkan peluang persaingan dan pergeseran peran pemerintah dalam hal regulasi, fasilitas dan akselerasi bisnis online.

Dalam paparannya tentang beasiswa bagi mahasiswa yang fokus pada perkembangan bisnis di era digital, pihak Kemenkominfo telah memberikan kesempatan 18 mitra universitas PTN dan 10 universitas PTS serta 22 mitra Politeknik Negeri dan dalam waktu dekat ini akan termasuk UNP.

Untuk pelatihan singkat, Kemenkominfo dikatakan Rudiantara telah memberikan pelatihan tatap muka kepada 14.000 orang dan 11.000 orang pelatihan daring.

Rudiantara pada kesempatan itu merinci perkembangan industri kreatif sektor teknologi digital di hadapan ribuan mahasiswa dan civitas academika UNP dan PTN lainya. Sebelumnya pelaku bisnis startup dari PT Tokopedia, Melissa Siska Juminto memaparkan entrepreneur tentang industri kreatif bisnis pemanfaatan teknologi digital.

Menurut Rektor UNP, Prof Ganefri, dengan adanya kuliah umum ini civitas akademika UNP mengetahui kebijakan yang ada di pemerintahan mengenai arus perkembangan teknologi.

"Amat penting untuk civitas akademika UNP sehingga mengetahui dinamika perkembangan digital dan berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam menyikapinya,"ujarnya. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment