Ads (728x90)

Padang -- Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan perhatian lebih besar kepada mahasiswa yang berjiwa wirausaha dalam menghadapi persaingan global. Mahasiswa yang bersikap wirausaha diharapkan akan menurunkan angka pengangguran lulusan UNP.

"Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan saya minta memberikan perhatian sangat besar terhadap Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Karena wirausaha pemula nantinya akan memberikan kontribusi besar kepada penciptaan lapangan pekerjaan serta menjadi calon pengusaha yang tangguh," ujar Rektor UNP, Prof Ganefri saat diwawancarai wartawan disela-sela grand final Minang Entrepreneur Award, Sabtu (6/4).

Ganefri mengatakan, mahasiswa UNP baik kependidikan maupun non kependidikan harus ambil bagian dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan. "UNP memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha dan memulai  usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi  dan  olaharaga dan seni," katanya.

Menurutnya, fasilitas yang diberikan  UNP kepada mahasiswa meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan  rencana  bisnis,  dukungan  permodalan  dan  pendampingan serta keberlanjutan 
usaha.  

Disinilah pentingnya peran UPT PKK dalam mendukung Program Mahasiswa Wirausaha. Saat ini, menurut Ganefri, UPT PKK telah memberikan kesempatan bantuan pendanaan kepada mahasiswa UNP sebanyak Rp5 juta hingga Rp10 juta baik bagi mahasiswa yang belum memiliki usaha dan yang sudah memiliki usaha untuk mendapatkan modal usaha dari PMW UNP 2019.

"Oleh karena itu, bagi mahasiswa yang lolos seleksi akhir April bulan ini mereka sudah bisa memulai usahanya," ujar Ganefri.

Ganefri meminta mahasiswa yang mendapata bantuan modal PMW UNP 2019 benar-benar fokus dan serius. "Disamping bantuan modal, UPT PKK juga memberikan mentoring, workshop bisnis dan berbagi kesempatan mengikuti eksibisi bisnis," ujar Ganefri.

Abri, panitia Minang Etrepreneur Award menuturkan bahwa tujuan acara ini memberikan pengalaman kompetisi kepada mahasiswa di Sumbar untuk bersaiang di era global.

Selain itu, melalui MEA dapat memberikan pola pikir entrepreneur mengajarkan semua hal, di antaranya bekerja keras, sabar dan berani menanggung resiko, serta mampu memberikan manfaat lebih pada oragn lain. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment