Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Bengkulu)-----Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul menyebutkan, berdasarkan pendapat dan perkiraan lima pakar  gempa dari jepang, yang fokus melakukan penelitian di Pulau Mentawai di Sumatera Barat memprediksi ada potensi gempa maha dasyat berkekuatan 8,9 SR mengintai Mentawai dan pesisir Bengkulu.

“Ada potensi gempa maha dahsyat yang saat ini masih mengendap di kedalaman 20 mill Samudera Hindia, tepatnya di Kepulauan Mentawai. Apabila gempa itu terjadi, diperkirakan akan menyebabkan gelombang tsunami setinggi 12 meter,” kata Nasrul Abit di kantor BPBD Bengkulu,  Sabtu, 4 Mei 2019. 

Berdasarkan perkiraan para pakar gempa tersebut, kata Nasrul Abit, akan ada gelombang tsunami yang akan menyapu kawasan di pesisir barat Sumatera. "Termasuk, Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu dan jika terjadi, kecepatan gelombang tsunami diperkirakan mencapai 827 kilometer/jam," kaWagub Sumbar tersebut .

Dengan adanya prediksi dari pakar gempa tersebut, kata Nasrul Abit lagi, supaya kajian pakar tersebut dapat dijadikan sinyal, agar masyarakat Sumbar dan Bengkulu selalu waspada dan bertawakla kepada Allah.

Jika gempa yang berpotensi tsunami itu benar-benar terjadi, akan sampai ke Mukomuko. "Makanya penduduk di pantai barat Sumatera harus waspada.  Kemudian kita berdoa agar gempa ini tidak terjadi. Di Sumatera Barat," tegas Nasrul Abit sembari menambahkan, Pemprov Sumbar  sudah sampaikan jika tenyampaikan persoalan perkiraaan gempa yang terjadi gempa selama 30 detik. (sigap)

Post a Comment