Ads (728x90)

Padang -- Sejak Rumah Gadang Minangkabau di Jawa Timur berdiri di Jl Gayung Kebonsari n0 54 Surabaya, Halal bi Halal Rang Minang se Jawa Timur yang disuguhkan Gebu Minang Jatim  dikemas dengan semarak. Halal bi Halal Gebu Minang Jatim 1440 H/2019 yang berlangsung, Minggu 23 Juni 2019 ternyata mampu menyedot animo rang Minang di Jatim cukup dahsyat.

Lihat saja silaturahmi antar sesama masyarakat Minang dalam rasa loyalitas dan rasa kebersamaan atau "barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang teraplikasikan di Ranah Surabaya. Limaratusan masyarakat Minang  se Jawa Timur menyaksikan tampilan kesenian budaya Minangkabau, baik tari-tarian, lagu-lagu Minang, aneka masakan dan jajanan khas Minang serta bazar dan pameran hasil kerajinan Minang. Halal bi Halal 1440 H/ 2019 diawali dengan prosesi Pelantikan Pengurus DPW Gebu Minang Jatim periode 2019-2024 yang dipimpin Dr Ir. H Sumarzen Marzuki, MMT.

Halal bi Halal Gebu Minang Jatim 1440 H/ 2019 di Pusat Kebudayaan Minang ini bertemakan "Saikek Sakabek Arek, Basamo Mangko Manjadi," seperti yang disampaikan Ketua Panitia Hifzon Djambek D, SAg merupakan aplikasi dari memperteguh ajaran agama, adat dan budaya Minangkabau.

"Alhamdulillah tradisi untuk memperkuat hubungan silahturahmi dengan saling 'jalang-manjalang atau saling mengunjungi satu sama lainnya melalui Halal bi Halal dapat dituntaskan. Berbagai Ikatan Keluarga Minang yang eksis di Jatim ikut ambil bagian menyukseskan silahturahmi akbar ini, " ujar Hifzon Djambek didampingi sekretaris panitia Debby Wahyudi, S.Psi  dan ketua seksi acara, Sahlan Azwar, SPd, SH, saat dihubungi wartawan, Senin (24/6).

Selain dihadiri para niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, urang sumando jo dunsanak lainnya juga turut hadir penasehat Gebu Minang Jatim diantaranya H Marlius Barat Sutan Bagindo, Zulyondri, Dahyul Djamain dan teristimewa Ketua Yayasan Gebu Minang Jatim, Amrizal Zain Dt Rangkayo Mulie.

Sementara tamu VIP yang hadir selain Gubernur Jatim dan Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Biro Kerjasama pembangunan dan Rantau Luhur Budianda dan turut hadir utusan Walikota Surabaya.

Prosesi Pelantikan Pengurus DPW Gebu Minang Jatim periode 2019-2024 yang dirangkai dengan acara Halal bi Halal ini cukup unik para pengurus yang dilantik diantaranya  Parwira Agustia, SH, MH, Muhammad Iqbal, Mayor Agus Rizal memakai baju koko dan peci hitam, sedangkan bagi pengurus perempuan diantaranya Hj Sri Susi Indraswari Zain dan Emi Anggraini, SE serta lainnya memakau baju kurung.

Di Halal bi Halal Gebu Minang Jatim 1440 H/2019 ditambahkan Sumarzen Marzuki, masyarakat Minang yang hadir melepas kerinduan dan bercerita lebih dekat soal banyak hal, sedangkan para pengurus usai dilantik menyisihkan waktunya untuk bersilahturahmi dan berdialog sesama pengurus untuk menggali informasi untuk kemajuan Gebu Minang Jatim dimasa mendatang.

Sementara Amrizal Zain Dt Rangkayo Mulie mengungkapkan dengan dirangkainya pelantikan pengurus DWP Gebu Minang Jatim 2019-2024 saat Halal bi Halal diharapkan membuat semangat pengurus lebih bergemuruh mengurus organisasi lebih baik lagi.

"Kami jajaran sesepuh mengharapkan pengurus yang dilantik lebih antusias mengurus organisasi guyub yang kita cintai ini. Kami ingin semua kita sehat sehingga acara syukuran silahturahmi akbar digelar setiap usai Lebaran Idul Fitri," ujar Amrizal Zain, yang putra terbaik Padang Sibusuk, Sijunjung ini. (Agusmardi)

Post a Comment