Ads (728x90)

TABLOIDBIJAK.COM (Pesisir Selatan)----Polesan tangan dingin Bupati Hendrajoni menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Sumatera Barat. Tercatat hampir 800 ribu wisatawan menjadikan Pessel sebagai tempat libur selama musim liburan Hari Raya Idul Fitri 2019 ini.

Angka tersebut jauh meninggalkan Kota Padang yang merupakan ibu kota provinsi yang pada tahun ini dikunjungi 300 lebih wisatawan.

Promosi yang gencar membuat Pessel semakin terkenal meninggalkan Kota Bukittinggi yang hanya disinggahi sekitar 200 ribu wisatawan. Padahal kota tersebut telah lebih dulu kesohor sebagai salah satu tujuan wisata di Sumbar. 

“Alhamdulillah. Pessel telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Barat. Kita selangkah telah lebih maju. Mudah-mudahan hal ini dapat menambah semangat kami dalam bekerja untuk memajukan Pessel,”ucap Hendrajoni.

Tiga tahun terakhir Pessel terus berbenah. Dia memugar gapura selamat datang dengan menambah beberapa bangunan untuk memanjakan wisatawan ketika memasuki daerah tersebut. Termasuk membangun gerbang sebelum memasuki kawasan objek wisata Mandeh. Jalan menuju kawasan tersebut juga sudah beraspal, bersih dan rapi. Para wisatawan sering berfoto di sepanjang jalan dengan hamparan laut luas membiru sebagai view.

Hendrajoni sadar bahwa daerahnya punya potensi pariwisata. Untuk menggenjot kedatangan wisatawan, Pemkab Pessel memperindah pusat kota dan Pantai Carocok untuk memanjakan mata para wisatawan. 

Pemkab juga menambah bangunan baru seperti Painan Convention Center (PCC) yang membuat kota kecil tersebut tampak kokoh. Taman spora juga diperluas. 

Di Pantai Carocok sendiri pemerintah mendirikan panggung pertunjukan dan memoles kawasan tersebut yang menjadikan objek wisata itu menjadi instagramble. 

Termasuk juga taman cinta yang berada di depan Masjid Raya Painan. Objek-objek tersebut sering diabadikan oleh para pengunjung. Dan memasang lampu-lampu hias di pohon yang menambah semarak kota pada malam hari.

“Masih banyak daerah-daerah yang akan menjadi tujuan wisata di Pessel. Kita bangun secara bertahap. Kami selaku bupati juga tengah berusaha ke pusat, membangun Pessel dengan APBN. Kalau dengan mengandalkan APBD gak bakalan bisa,” terang bupati yang dikenal tegas dan ceplas-ceplos ini.

Dia menambahkan bahwa kedepan Pemkab akan terus menggali potensi dan mengembangkan pariwisata Pessel. Sehingga daerah tersebut menjadi salah satu tujuan wisata favorit tidak hanya di tingkat domestik tapi juga mancanegara.

“Insya Allah, kedepan Pesisir Selatan menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit tidak hanya untuk lokal tapi juga mancanegara. Tapi itu semua harus didukung oleh semua elemen masyarakat Pessel,”tukas Hendrajoni. (jef)

Post a Comment