Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)-----Majelis Pengurus Organisasi Wilayah (MPW) ICMI Sumbar merapatkan barisan melalui agenda rapat menghimpun personil panitia yang akan dilibatkan dalam penyusunan panitia menyongsong Silaturahmi Kerja Nasional sekaligus Milad Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (Silaknas dan Milad ICMI) medio Desember 2019 mendatang. Menghimpun personil iven nasional ICMI itu dilaksanakan di Ruang Sidang Senat, Rektorat Universitas Negeri Padang, Jumat (26/7).

"Dalam rangka menyongsong Silatnas dan Milad ICMI MPW ICMI Sumbar perlu merapatkan barisan," ujar Sekretaris MPW ICMI Sumbar, Prof. Ganefri, Ph.D, 

Dikatakanya, rapat penyusunan kepanitiaan ini merupakan tindak lanjut setelah diputuskannya MPW Sumbar sebagai tuan rumah Silaknas sekaligus Milad ICMI 2019 pada Rakernas ICMI beberapa waktu lalu. 

"Kepercayaan ICMI pusat menunjuk Sumatera Barat sebagai tuan rumah Silaknas merupakan kehormatan besar yang wajib dijawab melalui penyelenggaraan yang aman, lancar dan sukses, untuk itu dituntut kesiapan dan partisipasi serta kontribusi seluruh pihak terkait terutama panitia kegiatan. UNP bersama kampus-kampus terkemuka di Sumbar siap menjadi tuan rumah dan tulang punggung kegiatan," ujar Ganefri.

Sementara itu H. Guspardi Gaus, anggota DPR-RI terpilih yang juga merupakan seorang pengusaha sukses Sumbar yang ditunjuk sebagai Ketua Pengarah Silaknas mengungkapkan bahwa rencana penunjukan Sumbar sebenarnya sudah sejak lama. Di level nasional ICMI Sumbar selalu dihormati sebagai salah satu ICMI yang paling berpengaruh, ditunjuknya Sumbar kali ini menunjukkan juga bahwa loby MPW Sumbar di tingkat pusat berhasil.

Ketua MPW ICMI Sumbar, Prof. Dr. Musliar Kasim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar yang dengan antusias mendukung penduh moril dan materil iven besar ini. 

Musliar mengharapkan Silaknas ICMI kali ini benar-benar menampakkan kekhasan dan keunggulan cendekiawan Minangkabau yang tercermin dari hasil produk inovasi dan pemikiran serta sepak terjang dan buah karya cendekiawan Minangkabau untuk bangsa ini. 

“Kalau kita lihat sejarah bangsa ini dipenuhi oleh kiprah para cendekiawan dan pemimpin serta tokoh dari Sumatera Barat, sebaiknya ini kita kompilasi dan tampilkan dalam berbagai bentuk, bisa pameran, Expo atau minimal pemutaran video,” demikian saran Musliar.

Hadir dalam rapat tersebut Hj. Emma Yohana, anggota Dewan Perwakilan Daerah tiga periode yang sekaligus merupakan bendahara MPW ICMI Sumbar. Emma mengatakan, Silaknas di Sumbar diyakini merupakan salah satu forum terbesar di Sumbar tahun ini dan diharapkan seluruh stake holders secara sinergis menyukseskan iven besar ini tidak saja demi nama baik Sumbar namun juga demi marwah ICMI di kancah nasional.

Rapat penyusunan Kepanitiaan Silaknas dan Milad ICMI 2019 di Sumbar yang dihadiri oleh jajaran anggota MPW ICMI Sumbar periode 2017-2022. Silaknas ICMI 2019 menurut rencana diadakan pertengahan Desember 2019 di Padang dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dan akan dihadiri oleh lebih dari 2000 peserta yang merupakan utusan MPW ICMI dari 34 Provinsi di Indonesia selain para undangan mulai dari jajaran Menteri, Narasumber dari negara tetangga, para ilmuwan muslim mancanegara, dan pemangku kebijakan terkait. (Agusmardi).

Post a Comment