Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)-----Universitas Negeri Padang dalam waktu dekat bakal meluncurkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk Dosen Muda. SOP itu merupakan sebuah panduan bagi Dosen Pembina untuk melakukan pembinaan kepada Dosen Muda di bawah bimbingannya agar mampu mengembangkan diri, khususnya terkait dengan tridharma perguruan tinggi dan penguatan karaktersebagai dosen/pendidik.

Bertempat di Ruang Sidang Senat Lt4 Gedung Rektorat UNP, Kampus Air Tawar Padang, Jln Prof Hamka, Selasa (2/7) Rektor UNP, Prof Ganefri didampingi Wakil Rektor1, Prof Yunia Wardi, WR2, Syahril, PhD, WR3, Prof Ardipal dan WR4, Prof Syahrial Bakhtiar memberikan pengarahan tugas dan fungsi dosen pembina dosen muda.

Dalam pengarahannya, Rektor UNP mengatakan bahwa dosen pembina hendaknya mengoptimalkan para dosen muda dalam hal yang meliputi kualitas dan tanggungjawab, kemampuan menjaga hubungan sesama kolega di jurusan masing-masing dosen muda serta sikap dan perilaku sebagai dosen muda.

Adanya pembuatan SOP Dosen Muda ini dilatarbelakangi 60% hasil kinerj kelembagaan univesitas ditentukan oleh SDM dosennya. Untuk itu Rektor Prof Ganefri menyarankan dalam menyusun borang akreditasi program studi para dosen muda dilibatkan.

"Dengan adanya SOP Dosen Muda UNP nanti, dosen pembimbing dapat mengevaluasi ukuran kinerja dosen muda yang baik ditentukan oleh pencapaian setiap komponen dalam indikator akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ujar Prof Ganefri.

Lebih lanjut, Prof Ganefri melansir Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa keduanya mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini, kedudukan dosen dalam pembangunan nasional secara tegas dinyatakan dalam pasal 3 ayat (1) bahwa dosen mempunyai kedudukan sebagai tenaga professional pada jenjang pendidikan tinggi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pertemuan yang melibatkan dosen pembina selingkungan UNP selanjunya membuka ruang tanyajawab, dimoderatori WR1 Prof Yunia Wardi. Padang kesempatan itu yang menanggapi dari pembina dosen muda diantaranya Prof Mestika Zet, Prof Alwen Bentri dan Prof Zaim.(Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment