Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)-----Ber-genre milenial, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri, PhD, Jumat (23/8/2019) menyatakan buku "Kebohongan di Dunia Maya" karya Budi Gunawan dan Barito Mulyo Ratmono cocok dibaca mahasiswa dan sivitas akademika UNP.

"Sebagai semacam pengantar teoretis untuk memahami hoaks dan praktik-praktiknya, buku ini layak dibaca oleh para akademisi, termasuk kalangan sivitas akademika UNP," ujar Prof Ganefri, Jumat (23/8) yang menginformasikan bahwa dirinya Selasa (20/8) ditemui langsung kedua penulis buku itu diruang kerjanya.

Menurutnya, buah karya Budi Gunawan dan Barito Mulyo Ratmono itu punya isi cerita yang bisa mengantisipasi berkembangnya ujaran kebencian dan hoax, sehingga kelompok radikan yang menggunakan internet untuk melakukan propaganda, mencari anggota, mencari dana, hingga menebar teror di berbagai negara dapat dipahami.

"Untuk dapat menggunakan dunia maya secara baik buku ini perlu menjadi referensi kita karena saat ini dunia maya telah digunakan untuk maksud-maksud tertentu," ujarnya.

Dikatakannya, kemajuan teknologi juga menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat yang beraktifitas di dunia maya. Berbagai aktifitas bisa kita lakukan disini. Mulai mendapatkan teman, mencari informasi yang diinginkan, aktifitas jual beli, mencari pekerjaan, menuangkan ekspresi dan argumentasi, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, ditambahkannya melalui buku ini kita kuatkan komitmen bersama, untuk terus melawan segala bentuk ujaran kebencian dan hoax yang secara sengaja disebarkan di dunia maya. Lawanlah bukan dengan carai balik mencaci, tapi lawanlah dengan pesan perdamaian. Lawanlah dengan data dan fakta. Lawanlah dengan informasi yang mencerdaskan bukan menyesatkan. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment