Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang) – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sengaja melakukan kunjungan kerja di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka bersilaturahmi bersama Pemerintah daerah dan masyarakat Sumbar bertempat di Hotel Grand Inna Padang, Senin malam, 2 September 2019.

Kunjungan urang sumando minang tersebut juga didampingi Menteri Informasi dan Komunikasi Rudiantara. Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar serta tokoh masyarakat Sumbar.

Dalam Sambutannya, Jusuf Kalla mengingatkan semua pihak untuk menjaga dan perasaan dan keharmonisan Indonesia. Ia mengakui bahwa beberapa hari ini serius membahas permasalahan yang terjadi di Papua.

“Saya dari Aceh. Beberapa malam serius membahas masalah Papua. Aceh aman sejak 15 tahun lalu sejak kita perdamian. Kenapa Papua tetap selalu bergejolak sampai kemarin,” ujarnya.

JK mengatakan, bahwa setiap daerah memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda. Untuk itu, ia mengingatkan kepada seluruh anak bangsa untuk menjaga perasaan.

“Setiap konflik berbeda cara penanganannya, tergantung daerah masing-masing,” katanya.

Dikatakannya, Konflik di Papua masih berlangsung karena adanya dorongan memisahkan diri dari NKRI sejak lama yang berawal dari adanya oknum yang bertindak rasis kepada sekelompok masyarakat asal Papua di Jawa Timur.

Menurut JK,  kejadian yang terjadi di Papua dapat dihindari dengan mananamkan sikap saling menghargai. Apalagi, hanya dengan letupan satu kata yang merembet kemana-mana hingga menimbulkan aksi yang lebih besar.

Jusuf Kalla juga menyampaikan, setiap pemerintahan tidak semuanya mampu memuaskan keinginan masyarakat. Dikarenakan, ketidakmerataan soal pendidikan, pembangunan sehingga menimbulkan kesenjangan dan ketidakadilan.

“Saya berharap semua persoalan yang terjadi di Papua segera menemui titik temunya. Sehingga masyarakat kita khususnya papua dapat kembali hidup tentran, aman dan damai,” ungkapnya. (fardi)

Post a Comment