Ads (728x90)


PADANGPOS.COM (Padang) -- Universitas Negeri Padang (UNP) menjalin kerjasama dengan Kabupaten Pasaman untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah.
Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, bahwa kerjasama dengan UNP sudah dirancang sebelumnya yang akan dimulai tahun 2020 mendatang. Bahwa 20 orang anak nagari pasaman tersebut akan kuliah di UNP dengan jalur bidikmisi.
"Untuk itu saya akan berkeliling ke 12 kecamatan di Pasaman untuk mencari mahasiswa yang terbaik," ujarnya kepada awak media, saat upacara wisuda ke-116 di Auditorium UNP, Minggu, 15 September 2019.
Rektor UNP Ganefri menyampaikan, UNP terus meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Pasaman. Apalagi saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pasaman termasuk kategori dibawah di banding daerah lain yang ada di Sumbar.
"Angka rata-rata lama sekolah saat ini 7,8 tahun yang sebelumnya 7,3 tahun. saya kira kenaikan secara nasional kemungkinan masuk dalam kategori cukup, tapi kita bisa membuat berbagai trobosan untuk percepatan IPM di pasaman bisa lebih tinggi," ujarnya.
Dengan adanya kerjasama ini kata Ganefri, UNP akan memberikan afirmasi untuk anak-anak cerdas yang berada di pelosok negeri pasaman.
Saat ini Kabupaten Pasaman fokus kepada pengembangan kualitas SDM. Menurut Ganefri itu merupakan langkah yang strategis. Pasalnya IPM itu ada tiga hal yang mendasar disamping sektor pendidikan, yaitu ada sektor kesehatan dan sektor ekonomi. "Ketiga sektor tersebut terkait SDM. Jadi Kabupaten Pasaman memang harus fokus kepada pengembangan SDM," sambungnya.
"Kita akan terima melalui jalur undangan dan kita beri beasiswa bidikmisi. Minimal 20 orang anak yang dari sisi akademiknya baik, tetapi kurang beruntung dari sisi ekonomi," ungkapnya. (fardi)

Post a Comment