Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)-----Melalui metode sejarah, yang mempunyai empat tahapan yang integral yakni heuristik, kritik, interprestasi dan histografi diyakini dapat menyelesaikan masalah kekinian.

Itulah pernyataan kunci yang disampaikan Dr Siti Fatimah, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (FIS UNP), ketika menjadi nara sumber pada Workshop Peningkataan Kompetensi Konsultan Sejara yang diselenggarakan Kemendikbud RI di Pangeran Beach, Jumat (25/10/2019).

"Alhamdulillah bisa berbagi pengalaman dalam rangka link and mach peluang kerja baru bagi sejarawan sebagai konsultan sejarah," ujar Siti Fatimah melalui whatsappnya, Sabtu (26/10).

Dikatakannya, semua orang mampu menulis sejarah tapi perlu dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kalau dulu masih bisa mempertahankan dongeng, mitos, legenda dan sejenisnya pada hal tidak fakta sejarah.

"Kalau sekarang kompetensi sejarahwan disyaratkan mampu meneliti dan menulis dengan semangat kritis yang tinggi dan didukung dengan metode sejarah," terang Siti Fatimah, salah satu pimpinan fakultas yang perempuan di UNP itu. (Agusmardi/Humas UNP)

Post a Comment