Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Pesisir Selatan)-----Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang mengadakan Workshop Penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Akreditasi 9 Kriteria  (IAPS 4.). Kegiatan yang melibatkan seluruh elemen Jurusan Sosiologi UNP ini diadakan selama tiga hari, 25-27 Oktober 2019 bertempat di Baga Cottage, Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan serta dilepas langsung oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial UNP, Dr. Ahmad Rivauzi. S.PdI, M.A di pelataran Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Menurut Sekretaris Jurusan, Erda Fitriani, S.Sos, M.Si, kegiatan dibagi ke dalam dua sesi utama yaitu Diskusi dan Pelatihan tentang Laporan Kinerja Program Studi/LKPS serta Diskusi dan Pelatihan Laporan Evaluasi Diri/LED, diikuti 18 dosen dan 2 orang staf tenaga kependidikan.

Dr. Eka Vidya Putra, M.Si, selaku Ketua Jurusan dalam pengantar kegiatan mengatakan bahwa iven ini memiliki arti strategis karena selain sebagai kesempatan untuk mengapresiasi dan mensyukuri capaian dari kerja keras segenap unsur dan elemen Jurusan Sosiologi dalam meraih predikat akreditasi A dengan nilai 375 (terbaik se-UNP dan berlaku sejak Maret 2019-Maret 2024) dan merupakan sarana untuk menelaah sejauh mana capaian dari kinerja Jurusan Sosiologi-UNP dan bagaimana menyusun rangkaian perencanaan dan aksi ke depan agar kualitas dan mutu pelayanan yang mencakup sembilan kriteria (sesuai regulasi termutakhir Badan Akreditasi Negara-Perguruan Tinggi) mampu dicapai secara efektif. “Semoga iven ini memperteguh komitmen Jurusan Sosiologi UNP, jangan cepat puas dan terus meningkatkan kualitas,” ujar Eka.

Lebih jauh, Eka menambahkan, “Kegiatan seperti ini bermakna ganda, selain sebagai kesempatan untuk bertukar suasana sembari tetap menjalankan aktivitas serius berupa workshop dan rapat jurusan juga bermakna sebagai ajang silaturahim untuk mempererat komitmen sesama anggota Jurusan, di samping tentu saja me-refresh semangat dan kinerja dosen dalam menjalankan tugas sebagai pengajar, peneliti dan pengabdi kepada masyarakat sesuai tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi.”

Sementara Drs. Emizal Amri, M.Pd., M.Si, selaku dosen paling senior di Jurusan Sosiologi yang juga mantan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial UNP, menyebut kesempatan ini langka dan seyogyanya dimanfaatkan secara optimal oleh dosen dan tendik. Ia menambahkan bahwa tantangan ke depan semakin berat, disebabkan perubahan dan tuntutan masyarakat informasi digital mempersyaratkan kualitas dan pelayanan prima dari Perguruan Tinggi. 

“Sosiologi dan ilmu pendidikan Sosiologi merupakan titik sentral perubahan itu sendiri karena perubahan zaman membutuhkan adaptasi yang rasional dari masyarakat sebagai subjek sekaligus objek dinamika sosial dan kebudayaan. Untuk itu jurusan Sosiologi UNP harus senantiasa berbenah agar tidak ketinggalan zaman dan menjadi agen perubahan terdepan dan memberi teladan konstruktif bagi masyarakat.”

Workshopyang berjalan hikmad namun penuh keceriaan ini tak lupa diisi dengan sesi foto bersama, kunjungan wisata ke Pulau Setan dan Kapo-kapo, menikmati alam Kawasan Mandeh Resort yang permai dan penuh dengan potensi pariwisata yang menjadi primadona tidak saja nasional maupun dunia, permainan dan olagraga pantai dan unjuk bakat masing-masing anggota Jurusan.(MIG/AG/Humas UNP).

Post a Comment