Ads (728x90)

PADAGPOS.COM (Padang)-----Upaya menyemerakan Dies Natalis Universitas Negeri Padang (UNP) Ke-65 dan Lustrum Ke-13 dan meningkatkan semangat berkompetisi, tidak hanya difokuskan pada kegiatan keluarga besar civitas akademika UNP, akan tetapi juga dilakukan dengan menjadi tuan rumah kegiatan Lembaga Pendidikan Tinggi kependidikan (LPTK) Cup IX 2019.

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP yang ditunjuk sebagai Panitia Pelaksana telah menyelenggarakan kegiatan LPTK Cuo IX-2019 dari Kamis (31/10) hingga Minggu (3/11) di Lapangan Tenis Sport Science.

Kegiatan LPTK Cup IX-2019 yang mempertandingan cabang olahraga Tenis Lapangan dan Bulitangkis itu diikuti oleh LPTK yang ada di Indonesia. Tercatat untuk tahun ini diikuti oleh 15 LPTK dan mempertandingkan cabang eksebisi Pentaqu.


Dari hasil pertandingan, UNP tuan rumah namun belum bisa mendominasi perolehan juara dalam ajang pertandingan ini. Namun tercatat UNP berhasil menggondol tiga juara dalam pertandingan tersebut.


Dalam partai final yang digelar,Minggu (3/11) di lapangan olahraga UNP, dari empat kategori untuk tenis lapangan, UNP hanya meraih posisi ketiga, yakni dalam kategori Beregu, dan kategori Ganda Campuran. Sementara untuk badminton, UNP hanya mampu juara dua di kategori Executive B.


Dalam gelaran LPTK Cup ke IX itu, Undiksha keluar sebagai juara untuk tenis beregu, diikuti Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan juara tiga bersama UNP dan UPI. Sementra untuk ganda campuran, Unesa keluar sebagai juara pertama, diikuti UNJ di peringkat kedua, dan UNP serta UNY juara ketiga bersama.


Dalam kejuaraan tenis Executive A, Unesa peringkat pertama, UM peringkat kedua, UN Makasar, dan UNY peringkat tiga bersama. Sedangkan dalam executive B, Undiksha peringkat pertama, UN Makasar menyusul diperingkat kedua, UM dan Unesa di peringkat tiga bersama.


Untuk cabang Bulutangkis, Executive A dimenangkan Unesa, menyusul UN Makasar, UNG. Executive B peringkat pertama UNY, disusul UNP di posisi kedua, dan Unnes dan UM di peringkat tiga bersama.

Untuk beregu putra, UN Makasar peringkat pertama, UNJ peringkat kedua, dan UN Semarang dan UN Surabaya peringkat tiga bersama. 

Terakhir pada jalur prestasi, UNY berhasil menyabet juara pertama, disusul UNJ diperingkat kedua, Unnes dan UNY juara tiga bersama. 
Rektor UNP, Prof Ganefri, mengatakan, LPTK Cup ke IX ini merupakan yang paling banyak diikuti.

”Kami selaku tuan rumah mengucapkan permohonan maaf kalau selama perhelatan LPTK Cup ini ada kekurangan dan ada yang tidak pada tempatnya. Sebagai tuan rumah, UNP sudah memberikan yang terbaik untuk semua peserta,” kata Alnedral, Dekan FIK UNP dalam laporanya pada upacara penutupan.


Sementara itu Rektor UNP, Prof Ganefri juga berharap, pada LPTK X yang akan digelar di Universitas Negeri Jakarat (UNJ) pada 2021 mendatang bisa lebih baik dari apa yang dilakukan UNP saat ini. 

“Semoga dengan rangkaian LPTK Cup ini akan semakin memperkuat, mempererat hubungan silaturahmi dan persaudaraan antara LPTK yang ada di Indonesia. Selamat juga kepada para pemenang,” katanya sembari menyebutkan ini juga masuk dalam agenda Dies Natalis ke-65 UNP. 


Prof Ganefri menyebutkan hasil pertemuan Forum Rektor LPTK di Yogyakarta sebelumnya, didukung oleh Forum Dekan Keolahragaan Indonesia UNY, menyepakati, perlu diselenggarakan pertemuan ilmiah dan kejuaraan olahraga. (Agusmardi/Humas UNP)

Post a Comment